Contact Whatsapp081286821883

HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER

Ditulis oleh Administrator pada Rabu, 22 September 2021 | Dilihat 692kali
HUBUNGAN ASUPAN  ZAT GIZI MAKRO TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER

Penyakit  jantung koroner adalah keadaan dimana pembuluh darah jantung yang seharusnya membawa sel darah merah dan nutrisi lain tersumbat oleh kolesterol yang berlebihan sehingga terjadi penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Sel darah merah tersebut diperlukan oleh jaringan tubuh manusia sebagai pembawa oksigen agar kinerja jantung dapat maksimal (Adriani dan Wirjatmadi, 2012). Menurut Kusuma, et al. (2015), salah satu faktor penyebab terjadinya PJK adalah asupan konsumsi seseorang yang mengandung banyak lemak. Lemak yang dikonsumsi mengandung banyak kolesterol dan trigliserida yang menjadi salah satu komponen kadar lemak dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung coroner (Fathila, et al., 2015). 

Pada jantung normal kebutuhan oksigen miokard disuplai secara kontinyu oleh arteri koroner selama aktivitas normal, kebutuhan oksigen miokard naik akan menaikkan aliran arteri koroner. Suplai oksigen miokard bergantung pada oksigen content darah dan coronary blood flow. Oksigen content bergantung pada oksigenasi sistemik dan kadar hemoglobin, sehingga bila tidak anemia atau penyakit paru aliran oksigen coroner cenderung konstan. Bila ada kelainan maka aliran koroner secara dinamis menyesuaikan suplai oksigen dengan kebutuhan oksigen sel. Selain disebabkan oleh atherosclerosis, penyakit jantung koroner dapat disebabkan beberapa hal antara lain penurunan perfusi akibat hipotensi (misal hipovolemia atau syok septik), penurunan pengangkut oksigen darah yang cukup berat (misal anemia, kelainan paru), perdarahan massif (perdarahan berat meyebabkan berkurangnya hemoglobin atau hipotensi). Namun beberapa kondisi dapat menyebabkan iskemia mendadak tanpa harus didahului atherosclerosis seperti takikardi cepat, hipertensi akut atau stenosis aorta berat

Asupan lemak yang berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, karena dapat meningkatkan kadar lemak yang ada di dalam darah sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung koroner (Fathila, et al., 2015). Kadar lemak yang berlebihan mengakibatkan terjadinya penimbunan lemak di sekitar pembuluh darah jantung, sehingga terjadi penyumbatan dan sel darah merah yang membawa oksigen untuk jantung menjadi berkurang. Kadar profi l lipid dalam darah merupakan salah satu indikator diagnosa penyakit jantung koroner. Kadar profil lipid seperti kolesterol total, LDL, dan trigliserida yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Kadar kolesterol yang melebihi >250 mg/dl, kadar LDL yang lebih dari 160 mg/dL dan kadar trigliserida antara 200–499 mg/dL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (Waloya, 2013; Fatmah, 2010; Freeman dan Junge, 2008). Kolesterol yang ada di dalam darah dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner karena plak yang menempel pada dinding pembuluh darah sehingga terjadi penyumbatan (aterosklerosis). Akibatnya, distribusi asupan gizi yang dibawa oleh dari sel darah merah terhambat sehingga jantung tidak bekerja secara maksimal (Adriani dan Wirjatmadi, 2012).

Kesimpulan nya terdapat hubungan antara asupan lemak dengan kejadian PJK. Menjaga keseimbangan diet khususnya proporsi asupan energi dari lemak perlu dilakukan oleh penderita PJK untuk menjaga kestabilan lemak darah. Kepatuhan diet penyakit jantung yang baik, menjaga kebugaran tubuh, dan selalu memantau kesehatan diri sendiri .

#cateringsehat #cateringdiet #cateringjantungkoroner #kateringrumahsakit #rumahsakitkanker #rumahsakitjantung

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-27561530
  • 0812 86821883, 081316873824
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com
CS 1: Ria
0812 8682 1883
CS 2: Linda
0813 8306 5864
CS 3: Novi
0813 1687 3824