Contact Whatsapp081286821883

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Ibu Hamil Dan Anak

Ditulis oleh Administrator pada Sabtu, 30 April 2016 | Dilihat 1042kali
Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Ibu Hamil Dan Anak

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak disukai karena tekstur dagingnya yang enak dan juga bermanfaat untuk tubuh. Keberadaan ikan salmon di perairan Indonesia juga sebenarnya melimpah ruah namun, karena kurangnya eksplorasi membuat ikan salmon ini tidak begitu banyak dikonsumsi di negeri sendiri, padahal jika dilihat dari manfaatnya, ikan salmon tidak kalah dengan jenis ikan-ikan lain yang biasa dikonsumsi.

Kandungan Gizi Salmon

Manfaat salmon merupakan sumber omega 3 (EPA & DHA). Sebagai jenis makanan yang dianggap super food ini  akan berfungsi dengan asupan 2 porsi per minggu yang disarankan dari asupan Omega 3.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan sesuai dengan kandungan gizinya.

Omega 3 Ikan Salmon
Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal pertama yang disarankan dokter setelah serangan jantung adalah untuk menurunkan kolesterol

jahat (LDL) dan tingkat trigliserida. Sementara salmon mampu menurunkan kolesterol buruk, dan sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Ikan salmon juga dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung dan memperkuat otot-otot jantung dan menurunkan tekanan darah, bahkan mencegah pengerasan arteri yang akan mengurangi peluang terkena serangan jantung. Berikut adalah rincian manfaat omega 3 dalam salmon:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Mengurangi risiko
  3.  kematian mendadak akibat penyakit jantung
  4. Mengurangi risiko stroke
  5. Mengurangi kemungkinan penyakit jantung saat anda terkena diabetes Tipe 2
  6. Penting dalam otak bayi dan pengembangan mata selama kehamilan dan bayi
  7. Memperbaiki pola lipid darah
  8. Meningkatkan fungsi pembuluh darah
  9. Memperbaiki gejala gangguan kekebalan dan inflamasi seperti rheumatoid arthritis, penyakit Chrone dan beberapa kondisi kulit
  10. Mengurangi risiko beberapa gangguan mental seperti penyakit Alzheimer dan depresi

Asam lemak omega 3 membantu kerja otak lebih baik dan meningkatkan daya ingat. Vitamin A dan D, asam amino dan asam-asam selenium juga melindungi sistem saraf Anda efek penuaan yang memburuk. Manfaat ikan salmon bekerja sebagai anti depresan alami terhadap penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Konsumsi ikan salmon telah terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit tersebut.

Protein Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bagi kesehatan tubuh, manfaat protein sendiri adalah sebagai berikut:

  • Sumber energi
  • Mengatur metabolisme tubuh
  • Membantu proses pertumbuhan otot
  • Membantu proses pembentukan hormon
  • Pembentukan zat antibodi

Protein dalam ikan salmon mudah bagi untuk dicerna dan menyerap ke dalam tubuh. Salmon tidak memiliki zat penyebab kanker di dalamnya terhadap beberapa sumber proteinnya. Protein yang juga disebut sebagai asam amino tersebut, sangat penting bagi kesehatan seluruh tubuh. Manfaat kesehatan terutama dari salmon merupakan jenis lemak yang baik.

Secara garis besar kandungan ikan salmon memang sangat banyak nutrisinya, jika kita konsumsi akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa rangkuman manfaat penting ikan salmon untuk tubuh kita.
1. Meningkatkan Fungsi dan Kecerdasan Otak
Kandungan asam amino, protein, dan B6 merupakan salah tiga zat yang dapat menunjang kesehatan otak, mungkin orang / masyarakat umum sering mengkaitkannya dengan kecerdasan otak.
2. Meningkatkan kesehatan jantung
Ikan salmon merupakan nutrisi penting yang dapat menyehatkan jantung anda, tidak heran bahwa jika anda khawatir dengan serangan jantung mendadak, ikan salmon dapat menjadi solusinya. Kandungan omega tiga, protein, dan asam amino merupakan zat yang dapat membantu semuanya.
3. Menjaga Kesehatan Mata
Ikan salmon mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, kandungan ini juga bermanfaat untuk menjaga pengelihatan agar terhindar dari katarak atau penyakit mata lainnya.
4. Sehat Untuk Tulang
Mencegah osteoporosis adalah salah satu fungsi dari vitamin D yang terdapat dalam ikan salmon
5. Sistem Imun TubuhIkan salmon juga memiliki beberapa kandungan yang dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh manusia yang efektif dalam mencegah radikal bebas bahkan penyakit kanker.

"Anak yang mengonsumsi dua-tiga porsi salmon setiap minggu (setara dengan 200 mg DHA) lebih sanggup berkonsentrasi 

dibanding anak yang tidak mengonsumsi ikan salmon," 
Sedangkan pada ibu hamil, ikan salmon juga sangat bermanfaat. Baik buat si ibu maupun janin. Disarankan ibu hamil mulai masa kehamilan 20 minggu, bisa mengonsumsi dua porsi salmon setiap minggunya (setara 200-300 mg DHA). Manfaatnya dapat mempertahankan antioksidan pada ibu hamil, menurunkan risiko pertumbuhan abnormal pada janin, dan menurunkan depresi secara konsisten hingga enam poin setelah persalinan.
Sementara bagi janin, mengutip penelitian Helland Et Al 2001,2003, anak-anak dari ibu yang mengonsumsi 2.000 mg DHA per hari dari minyak ikan selama tiga bulan terakhir memiliki skor IQ lebih tinggi ketika berusia empat tahun. Tingginya kinerja kognitif bayi berhubungan nyata dengan tingginya konsumsi ikan laut ibu selama kehamilan hingga persalinan.

Ikan salmon merupakan salah satu ikan dengan kadar merkuri yang sangat rendah karena hidup di laut dalam. Sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Apalagi ikan yang hidup di lautan Norwegia dimana air lautnya lebih dingin yang menyebabkan ikan salmon lebih besar dibandingkan ikan 

salmon yang hidup di laut bersuhu normal.
Namun jika tidak bisa mengonsumsi ikan salmon, tidak perlu khawatir. Karena tidak ada satu jenis makanan yang superior. Terpenting memasukan makanan yang bervariasi dan lengkap. Untuk sumber DHA terbaik adalah Air Susu Ibu (ASI). Ikan kembung salah satu sumber protein hewani yang juga mengandung DHA tinggi, telur dan juga daging. (lis)

Ikan salmon atlantik menyediakan 415 kalori, 46 gram protein, nol karbohidrat, dan 23 gram lemak. Selain itu, ikan salmon kaya asam lemak omega-3 esensial, serta eicosapentaenoic, dan asam docosahexaenoic.

Salmon meningkatkan kesehatan otak. Dan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling bergizi. Persediaan seng, besi, niasin, Vitamin B12, dan Vitamin B6, ada di ikan salom di samping berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan otak. 

Salmon memang cocok untuk semua diet yang sehat. Apalagi salmon tak mengandung karbohidrat sehingga ikan ini bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk diet rendah karbohidrat.

Salmon juga memasok banyak vitamin dan mineral yang diperlukan otak Anda setiap harinya. Apapun caranya Anda menambahkan salmon di deit Anda akan memberikan banyak manfaat untuk nutrisi otak Anda.

CATERING DIET JAKARTA

CATERING DIET JAKARTA TIMUR

CATERING DIET JAKARTA BARAT

CATERING DIET JAKARTA UTARA

CATERING DIET JAKARTA SELATAN 

CATERING DIET JAKARTA PUSAT

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • 0812 86821883, 0813 830 658 64
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com