Contact Whatsapp081286821883

Mengenal Omega 3 pada Ikan

Ditulis oleh Administrator pada Sabtu, 16 April 2016 | Dilihat 1207kali
Mengenal Omega 3 pada Ikan

Berikut ini kami sampaikan beberapa makanan yang mengandung Omega 3 : 

Salmon

  1. Ikan salmon adalah salah satu ikan yg memiliki kandungan gizi yang tinggi . Ikan ini juga istimewa karena menyantap ikan- ikan kecil yg menyantap rumput laut. Rumput laut inilah yg mendorong omega 3 yang ampuh mencegah terjadinya penggumpalan darah, menurunkan kolesterol dan melindungi sel2 otak dari penyakit penuaan.
    Ikan salmon juga kaya akan kandungan protein dan antioksidan co-anzyme

Q 10 untuk mencegah penyakit jantung, depresi, dan mengoptimalkan kerja otak dan penglihatan pada bayi dan anak2. Omega pada salmon ini juga mampu meningkatkan level serotonin, unsur kimia pada otak yg membuat kita merasa senang dan gembira.
Kandungan antioksidan pada ikan salmon akan membuat vitamin C dan E

 bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Sumber protein memang terdapat pada ikan salmon yang dibutuhkan untuk membuat seluruh sel , kulit, rambut, mata, otot, dan otrgan-organ lainnya. Kandungan lemak sehat yaitu omega 3mampu meningkatkan HDL untuk menurunkan efek negatif dari kolesterol LDL.
Dengan melihat kandungan gizi yang dimilki ikan salmon, sebisa mungkin suguhkan ikan salmon kepada anak anda secara rutin, dalam seminggu atau dua minggu sekali atau lebih sering lagi.

Energi

142 kkal

Air

68, 50 gr

Protein

19,84 gr

Lemak

6,34 gr

Kolesterol

55 gr

Kalsium

12 gr

Besi

0,80 gr

Riboflavin

0,380 gr

Niacin

7,860 g

Tuna

Kandungan gizi pada tuna sangat baik. Kandungan omega 3 nya membuat tuna memiliki seribu satu manfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak. Menurut penelitian, protein daging putih yg terdapat pada tuna lebih tinggi dari pada daging merahnya. Namun sebaliknya kadar lemak daging tuna lebih rendah . Meskipun tuna mengandung kolesterol  namun kadar nya sangat rendah daripada makanan hewani lainnya.

Sebagai salah satu komoditas laut, tuna kaya akan asam lemak omega 3 EPA dan DHA. Kandungan omega 3 nya lebih tinggi dari pada ikan air tawar. Asam lemak omega 3 juga memiliki peranan penting untuk proses pertumbuhan sel-sel syaraf termasuk sel otak sehingga bisa meningkatkan kecerdasan otak terutama pada anak-anak yg sedang mengalami proses pertumbuhan.

Ikan tuna juga kaya berbagai mineral penting yang esensial bagi tubuh. Kandungan iodium pada ikan tuna mencapai 28 kali iodium pada ikan tawar. Iodium berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ikan tuna juga kaya akan selenium. Selenium ini memiliki peranan penting didalam tubuhyaitu mengaktifkan enzim antioksidan glutathione peraxidase. Enzime ini bisa melindungi dari serangan radikal bebas. Tuna juga mengandung kalium dan natrium. Ikan tuna juga mengandung vitamin yang sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel, peningkatan imunitas tubuh, pertumbuhan, penglihatan.

Energi

144 kkal

Air

68,09 gr

Protein

23,33 gr

Lemak

4,90 gr

Kolesterol

38 gr

Besi

1,02 gr

Riboflavin

0,25 gr

Niacin

8, 65 gr


 

Gabus (Mudfish)

Guru besar gizi dari fakultas kedokteran universitas Hasanuddin prof. Dr. dr. Nurpudji taslim meneliti ikan gabus dan hasilnya, ternyata ikan gabus memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Dalam penelitiannya, ikan gabus bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan berbagi penyakit. Ide penelitian tersebut berawal dari kebiasaan masyarakat sulawesi selatan menyuguhkan ikan gabus jika ada yang sakit. Mereka meyakini bahwa ikan gabus memiliki manfaat yang sangat besar.

Setelah itu, iapun bersama rekan-rekannya menguji ikan pada pasien mereka. Setelah pasien mengkonsumsi ikan gabus, efeknya sangat luar biasa . kadar albumin pasien meningkat sehingga kesehatannya berangsur-angsur membaik dan lebih cepat. Antara 10 sampe 14 hari kadar albumin pasien bisaprotein meningkat antara 0,6 sampai 0,8 .

berikut adalah kandungan gizi yang terdapat pada ikan gabus :

Energi

80 kkal

Karbohidrat

2,6 gr

Protein

16,2 mg

Lemak

0,5 gr

Kalsium

170 mg

Fosfor

139 mg

Besi

0,1 mg

Kalium

254 mg

Vitamin

335 mcg


 

Bagi anak anda yang mengalami demam, coba berikan ikan gabus karena ikan gabus memiliki manfaat yang cukup tinggi . Apabila buah hati anda tidak menyukainya, anda bisa mengolahnya dengan cara yang lebih kreatif agar bau amis yang terdapat pada ikan gabus tidak tercium.

Untuk konsumsi sehari-hari bisa anda berikan kepada buah hati anda karena kandungan vitamin A yang tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ketika anak menkonsumsi ikan gabus dengan takaran yang sudah dianjuran maka, bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya dan anak anda akan tumbuh sehat dan jarang sakit.

catering sehat, catering organik, catering diet, catering jakarta

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • 0812 86821883, 0813 830 658 64
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com