Contact Whatsapp081286821883

PRINSIP MAKANAN UNTUK DIET DIABETES

Ditulis oleh Administrator pada Kamis, 22 Oktober 2020 | Dilihat 170kali
PRINSIP MAKANAN UNTUK DIET DIABETES

Penyebab diabetes melitus yang utama adalah gaya hidup dan pola makan yang salah. Yaitu gaya hidup dengan pola makan yang banyak namun tidak seimbang, sedikit aktifitas, jarang berolahraga dan lain-lain. Dengan terganggunya sistem produksi hormon insulin pada organ pankreas, seluruh makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, tidak bisa dikendalikan dan akhirnya terjadi penumpukan gula atau glukosa dalam darah.

Pada dasarnya, tidak ada diet khusus untuk penderita diabetes (diabetesi). Tetapi, makanan yang mereka konsumsi akan mempengaruhi kadar gula darah yang nantinya juga berdampak pada perjalanan penyakit dan risiko komplikasi. Oleh karena itu, diabetesi harus cermat dalam memilih menu sehari-hari dan merencanakan pola makan yang lebih sehat. 

Bangaimana Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Diabetes

Banyak yang mengira bahwa menu diet diabetes membuat penyandang diabetes semakin menderita. Anggapan ini salah besar

Tips pola makan sehat ini dibuat dengan tujuan membantu diabetesi mengendalikan kadar glukosa darah dan kolesterol, serta tekanan darah.

Tips cara mudah mengatur pola makan sehat untuk diabetisi adalah 3J: tepat jenis, tepat jumlah, dan tepat jadwal. 

TEPAT JENIS

Pemilihan jenis makanan akan berpengaruh pada kecepatan naiknya kadar gula darah. Kecepatan suatu makanan dalam menaikkan kadar gula darah disebut indeks glikemik. Semakin cepat makanan tersebut menaikkan kadar gula darah, maka akan semakin tinggi indeks glikemik makanan tersebut.

Untuk Jenis Makanan di menu diet diabetes, kita perlu selalu pertimbangkan:

Karbohidrat dan serat

Sebaiknya diabetesi memilih sumber karbohidrat kompleks yang berserat tinggi, yakni: nasi merah, oat, roti gandum utuh, buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, susu serta yoghurt tanpa gula.

Lemak dan protein

Diabetesi masih memerlukan lemak sebagai sumber energi. Sumber lemak yang baik untuk dikonsumsi diabetesi bisa didapat dari ikan, kacang-kacangan tanpa garam, biji-bijian.

Kolesterol dan garam

Selain gula darah, kadar kolesterol harus turut dikendalikan untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes. Karenanya, diabetesi perlu mengontrol asupan kolesterolnya dengan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, daging merah, dan jeroan

TEPAT JUMLAH

Sebagai bentuk manajemen pengobatan diabetes, pengaturan jumlah makan pasien diabetes harus dalam porsi yang kecil tapi sering. Jumlah kalori per porsinya pun harus diperhatikan. Jumlah kalori yang dianjurkan untuk diabetesi per hari adalah sebesar 25 – 30 kalori per kilogram berat badan ideal.

TEPAT JADWAL

Waktu makan tetap mencakup makan pagi, makan siang, makan malam, dan makanan selingannya. 

Mengapa perlu makan lebih sering?

Membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dengan frekuensi lebih sering (5-6x per hari) lebih efektif untuk menjaga gula darah terus berada dalam batas normal.

Dengan membagi waktu makan menjadi porsi kecil tetapi sering, karbohidrat dicerna dan diserap secara lebih lambat dan stabil. Kenaikan gula darah dan kebutuhan insulin pun menjadi lebih rendah. Sensitivitas insulin jadi meningkat sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lebih baik.

Tidak hanya mengatur pola makan sehat, melakukan aktivitas fisik ikut menjadi faktor penting dalam penanganan diabetes. Olahraga akan memelihara kesehatan secara keseluruhan dan membantu diabetesi mengontrol kadar gula darah

 

nb : Dari Berbagai Sumber 

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Kata kunci terpopuler

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • 0812 86821883, 0813 830 658 64
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com