Contact Whatsapp081286821883

5 Makanan Sehat Prebiotik yang Wajib kamu Konsumsi

Ditulis oleh Administrator pada Selasa, 13 November 2018 | Dilihat 144kali
5 Makanan Sehat Prebiotik yang Wajib kamu Konsumsi

Probiotik adalah bakteri "baik" atau "ramah" yang meningkatkan kesehatan usus dan secara keseluruhan. Tubuh Anda membutuhkan bakteri ini untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan efisien. Makan makanan probiotik membantu memulihkan keseimbangan alami bakteri usus Anda dan mengobati masalah pencernaan mulai dari sembelit hingga diare.

Mereka juga dapat membantu mengurangi perut kembung dan perut kembung yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus dan gejala yang terkait dengan intoleransi laktosa.

Selain itu, probiotik berguna ketika mengambil antibiotik, yang cenderung membunuh bakteri baik dan buruk tanpa pandang bulu, sehingga mengurangi jumlah bakteri baik dalam usus.

Probiotik bermanfaat untuk sistem kekebalan Anda juga, karena membantu menjaga aktivitas sistem kekebalan. Beberapa probiotik juga membantu mencegah alergi dan eksim.

Studi menunjukkan bahwa intervensi diet probiotik dapat membantu mengubah suasana hati, kecemasan, stres dan sensitivitas rasa sakit. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa probiotik juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa flora usus dari mereka yang mengalami obesitas berbeda dengan orang yang kurus dan kurus.

Berikut adalah makanan probiotik terbaik untuk kesehatan Anda.

1. Yoghurt

Yoghurt dengan "budaya hidup dan aktif" adalah salah satu makanan probiotik terbaik. Ini membantu pencernaan dan meningkatkan lingkungan mikroorganisme yang sehat di saluran pencernaan.

Selain itu, dalam studi 2013, peneliti UCLA (University of California, Los Angeles) menemukan bahwa makan yoghurt probiotik mempengaruhi fungsi otak pada wanita. Ini terutama mempengaruhi aktivitas wilayah otak yang mengontrol proses pusat emosi dan sensasi.

Anda bisa makan beberapa cangkir yogurt setiap hari. Ketika memilih yoghurt probiotik, pastikan untuk membaca label bahan dengan hati-hati untuk menghindari produk yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi dan pemanis buatan dan rasa.

Sebaiknya, pilihlah yogurt tawar dan tambahkan buah-buahan Anda sendiri untuk rasa. Jika Anda menyukai yogurt Yunani, ingatlah bahwa meskipun tinggi protein, mengandung lebih sedikit strain bakteri menguntungkan.

2. Kefir

Kefir adalah produk susu fermentasi lainnya yang mengandung berbagai bakteri probiotik, terutama lactobacilli dan bifidus. Seperti yoghurt, ia memiliki rasa asam dan sedikit asam, tetapi memiliki konsistensi yang lebih tipis.

Probiotik kompleks ini juga kaya nutrisi dan antioksidan. Bahkan, ia memiliki lebih banyak vitamin B, kalsium, protein dan probiotik daripada yoghurt. Plus, mengandung ragi bermanfaat yang melawan infeksi candida.

Anda dapat menikmati kefir seperti itu (sebaiknya dengan perut kosong), atau menambahkannya ke smoothie atau sereal Anda daripada susu. Anda dapat menemukannya di bagian produk susu dan makanan alami di toko kelontong Anda. Anda juga dapat membuat minuman sehat ini sendiri dari biji kefir atau starter kefir bubuk.

Catatan: Beberapa orang mungkin mengalami kram usus dan konstipasi sementara ketika memulai penggunaan kefir. Anda dapat memulai dengan 1/8 cangkir dan secara bertahap bekerja dengan cara Anda. Orang umumnya minum 1 atau 2 cangkir kefir sehari. Biasanya disarankan untuk beristirahat satu hari setiap minggu.

3. Miso

Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, sup miso adalah makanan pokok Jepang. Miso juga bisa dibuat dengan beras merah, jelai dan beberapa biji-bijian lainnya.

Fermentasi yang menghasilkan miso berlangsung dari beberapa hari hingga satu tahun atau lebih dan menambahkan jutaan mikroorganisme yang menguntungkan ke pasta akhir. Ia juga kaya vitamin B-kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, seng dan antioksidan pelindung.

Tambahkan miso ke sup, semur atau hidangan matang lainnya setelah dikeluarkan dari panas. Anda juga dapat menggunakannya sebagai lapisan tebal pada roti panggang, jagung yang baru dimasak dan dengan banyak cara lainnya. Anda dapat menemukan pasta miso di hampir semua supermarket.

Catatan: Gunakan miso dalam jumlah sedang karena tinggi garam.

4. Sauerkraut

Sauerkraut adalah lauk populer di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Biasanya dibuat dari kubis yang difermentasi tetapi juga dapat disiapkan menggunakan sayuran tertentu lainnya. Sauerkraut mengandung berbagai strain probiotik untuk meningkatkan flora usus Anda.

Bahkan, telah ditemukan bahwa porsi 4-6 ons sauerkraut mentah dapat mengandung hampir 10 triliun bakteri. Untuk pemahaman yang lebih baik, Anda dapat mengatakan bahwa 2 ons sauerkraut buatan sendiri mengandung lebih banyak probiotik daripada sebotol kapsul probiotik 100-hitungan.

Plus, itu adalah sumber vitamin B-kompleks, C dan K, kalsium, magnesium, zat besi, folat dan antioksidan.

Sauerkraut biasanya digunakan sebagai bumbu.

Catatan: Jangan memanaskan atau memasak sauerkraut. Gunakan itu mentah. Plus, jangan gunakan dalam jumlah tinggi karena dapat menyebabkan kembung dan perut kembung dan mungkin juga berbahaya untuk fungsi tiroid.

5. Kimchi

Kimchi adalah lauk populer di Korea. Hal ini umumnya dibuat dengan kubis Cina atau sayuran lain seperti terong, mentimun dan lobak yang difermentasi dengan banyak bakteri, yang paling dominan adalah asam laktat probiotik.

catering sehat jakarta, catering diet, catering organik, catering rumah sakit.

Share this:

Komentar Anda

Jadilah yang pertama dalam memberi komentar pada berita / artikel ini
Silahkan Login atau Daftar untuk mengirim komentar
Disclaimer

Login Member

Lupa Password Daftar Gratis

Tentang Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Murni No. 8 Joglo Jakarta Barat
  • 021-5854876
  • 0812 86821883, 0813 830 658 64
  • fitfun.catering@yahoo.co.id
Developed by Naevaweb.com